Gempa Guncang Halbar, Muncul Solidaritas Untuk Jailolo

#SolidaritasUntukJailolo

Sudah Seminggu lebih bencana yang menimpa daerah kami di Jailolo, Halmahera Barut Maluku Utara. Mirisnya, bencana pun datang dari bantuan berupa 20 ton beras “Bulog” tak layak komsumsi.

Hingga sekarang, terdata, sudah 9.610 warga mengungsi dan hidup di tenda-tenda pengunsian. 934 bangunan (Rumah warga, Mesjid, Gereja, dan gedung Sekolah) rusak akibat gempa yang mengguncang Halmahera sejak 16 -21 November.

Kerusakan fasilitas sekolah belum terdata secara rinci namun, sudah dikabarkan di media masa, sejumlah sekolah dasar rusak.

Terdata, 2 unit Musollah di Desa Tuada rusak ringan dan rusak sedang, Mesjid Desa Gufasa rusak ringan, satu unit Mesjid Desa galala rusak ringan, 2 unit Mesjid di Desa Bobanehena rusak sedang. 2 unit gereja di Desa Idamdehe rusak ringan. Sedangkan untuk desa Gufasa dan Bobojoki, saat ini masih dilakukan pendataan.

Melihat hal itu, teman-teman jurnalis di Maluku Utara, komunitas literasi dan beberapa kaum muda yang tergabung dalam komunitas berinisiatif untuk turut merasakan apa yang menimpa saudara kita di Halbar.

Solidaritas Terus Disuarakan

Hingga saat ini, tercatat beberapa lembaga yang telah tergabung dalam #SolidaritasUntukJailolo yang akan turun ke lokasi, yakni, AJI Kota Ternate, kabarpulau.com, LSM Rorano, AMAN Malut, Literasi Jalanan, YSSC, dan sejumlah aktivis Mahasiswa.

Saat ini, kami melakukan pengumpulan dana secara pribadi untuk biaya transportasi dan akomodasi ke lokasi.

Tim Solidaritas untuk Jailolo berencana akan ke lokasi, Jailolo pada Sabtu 28 November 2015. Tim yang tergabung yakni kordinator Pendidikan untuk anak anak korban bencana gempa, kordinator kesehatan yang akan berkordinasi dengan pihak terkait, dan tim advokasi/pendataan untuk mencari data pasti terkait kebutuhan korban gempa dan lainnya. Tim tersebut dikordinir langsung oleh Faris Bobero, anggota AJI Kota Ternate dan kabarpulau.com
Dukungan dari solidaritas untuk Jailolo berupa uang dan lainnya sepenuhnya dipakai untuk kebutuhan saudara kami yang ditimpah musibah.

Untuk info lebih lanjut, hubungi :
081314012618 (Adlun Fiqri)
081243179734 (Supriyadi)
081244447664 (Faris Bobero)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *