Paralegal Masyarakat Adat Kunjungi PN Ternate

Peserta d melihat secara langsung lokasi persidangan

Ternate – Paralegal Masyarakat Adat melakukan kunjungan ke Pengadilan Negeri (PN) Ternate. Kegiatan tersebut berlangsung pada (27/16), di bawah pimpinan langsung oleh Yahya Mahmud, Ketua Perhimpunan Pembela Masyarakat Adat Nusantara (PPMAN).

Kunjungan tersebut menurut Yahya untuk memperkenalkan dunia peradilan kepada masyarakat adat yang sudah dilatih sebagai paralegal. “Masyarakat adat diajak untuk melihat proses peradilan kasus yang dilakukan oleh lembaga penegak hokum.”

Yahya juga mengatakan, kader – kader masyarakat adat ini sebelumnya telah dilatih sebagai paralegal yang difasilitasi oleh AMAN Maluku Utara. Sehingga dari proses ini dia berharap pengetahuan hokum paralegal menjadi makin meningkat lagi. Selesai kunjungan kata Yahya, akan dilakukan evaluasi terhadap apa yang di dapat oleh peserta. Mereka di bagi perkelompok, dan kelompok – kelompok tersebut akan diberitakan tanggungjawab menyampaikan apa yang mereka dapat dari kunjungan ini.

Sementara Sefnat Senangua, salah satu paralegal yang ikut dalam kunjungan tersebut mengatakan bahwa kunjungan belajar ini memberikan manfaat bagi mereka yang baru mengenal dunia peradilan.

“Kunjungan ini benar – benar mendatangkan manfaat yang konstruktif karena dapat memberikan pemahaman hokum dalam proses peradilan di bangsa ini”

Dia juga berharap kedepan, paralegal lebih mampu untuk memahami proses hokum yang terjadi baik di luar dan di dalam pengadilan sehingga paralegal mampu memberikan bantuan hokum bagi masyarakat, khususnya masyarakat adat untuk mendapatkan keadilan. (Abo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *